Jumat, 13 Juni 2008

The Most Tolol Moment....Ever!!!

Sungguh hari ini saya pengen banget ngetawain diri sendiri, seandainya boleh - pasti kepala tolol ini tak jeduk2no nang tembok - busyet... anarchy is not the right way out man..! (as Ust. Sanusi Said).
Ceritanya kemaren kan kerjaan di Sorong udah abis, pas saya nyari tiket mo balik ke Jakarta, ga taunya lagi peak season, karena selain pas hari Sabtu, minggu2 ini juga orang2 pada pergi ke Jawa buat ngedaptarin anak2nya sekolah atau kuliah di sana, jadi saya tidak dapat seat hingga beberapa hari ke depan. Nah, karena saya baru akan terbang ke Jakarta beberapa hari berikutnya, saya manfaatin hari2 tersebut
buat jalan2 en refreshing, itung2 ngilangin stress abis kerja keras di bawah tekanan (ccckk..bosone wes koyok wong gennah ae hehehe..). Karena ga da kerjaan, trus saya tetep dapet uang saku lumayan- maka pikiran kerdil ini pun muncul di kepala saya. saya ingin nyoba makan di sebuah warung franchise asing di sebuah supermarket yang supermacet. Selain karena bosen tiap hari makan di warteg buat ngirit ongkos (biar dwitnya ngumpul buat kawinan), saya juga pengen dibilang modern, masak berbulan-bulan ngumpulin dwit, makan di resto gitu ga pernah.

Dan tahukah kawan, itu adalah awal dari moment paling " tolol" dalam hidupku.....

Tidak seperti biasanya -abis isya' langsung ngerjain report n baca2- hari itu saya dandan istimewa. Maklum, saya akan berkunjung ke sebuah tempat dimana menurut temanku - hanya orang2 berduit yang boleh masuk- saya juga akan mendapat prestise, sebuah kata yang sering saya terjemahkan sebagai " ghaya thok". Setelah siap, saya berangkat naik taksi (jangan bayangin taksi Bluebird seperti di Jakarta, disini taksi
berarti angkot kalo di Jawa). Sampe di supermarket tersebut, temenku terkagum-kagum melihat sebuah warung yang terang penuh dengan warnawarni lampu. Di sudut warung tersebut nampak gambar seorang laki2 berumur sekitar 50 tahun dan ada tulisan " Kentucky Fried chicken". saya jadi keinget cerita si Ikal dan Arai
dalam Novel Tetralogi Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, pas baru nyampe Jakarta dan terdampar di depan warung KFC tersebut. Si Arai yang sok tau mengatakan bahwa kentucky Fried Chicken ini adalah sebuah toko ternak ayam milik Mr. Fred gendut itu, karena tidak mengerti ikal pun hanya manggut-manggut saja. Baru beberapa
tahun kemudian, setelah mereka sukses, peristiwa itu menjadi bahan ledekan Ikal kepada si Arai, karena sangking sok tahu nya, Arai mengira Fried itu nama orang, padahal kenyataannya Fried adalah kata pasif yang berarti "digoreng".....dan ternyata warung itu memang milik Pak Gendut itu, tapi bukan mr. Fred namanya, tapi Kolonel Sanders...

Begitu juga saya, baru masuk ke resto franchise (saya sebut aja "warken" stands for warung kentucky), saya sudah merasa bangga, saya merasa telah menjadi bagian dari gaya hidup kalangan "The Have", orang2 yang kaya..Rasa congkak itu terus menerus berbiak dalam diri saya, maklum wong ndeso dadi wong kutho dadakan..
saya langsung mengambil posisi antrian...hingga kemudian, setelah hampir satu jam antri, saya belum mendapat giliran...padahal perut sudah teriak2 minta diisi.
Lihatlah kawan, bagaimana demi sebuah kata " prestise ", saya rela harus mengantri seperti orang kelaparan di zaman jepang, betapa besar energi kesombongan itu dan betapa BODOH dan TOLOL nya saya ......

Sambil antri, saya ketawaketiwi sendiri teringat pengalaman konyol beberapa tahun lalu. Pas baru masuk kerja di Medan, temenku sekaligus guruku si Pail (sory bro, if u read this blog, i hope u will forgive me even i'm sure you'll never forget that moment hehehe), ngajakin makan di salah satu resto mirip KFC, dia bilang mo ngajarin saya "make over" ben ga kayak orang desa. Pas udah pada dapat makanan n bayar, saya pergi ke meja makan. Karena kebiasaan makan di desa dulu, Mak selalu mengajarkan agar cuci tangan dan berdo'a sebagaimana kebiasaan Kanjeng Nabi, saya langsung pergi ke tempat cuci tangan yg kulihat dari tadi penuh dengan orang. pas saya nyampe situ, udah ga da orang, saya langsung aja pencet tu kran, n guess what...bukannya air yang keluar, tapi chaos.......(gubrak, untung ga da orang laen....). Udah gitu pas makan nasi, langsung aja saya krawuk pake tangan n main sebul2 karena agak panas, padahal sebenernya makannya cukup denganpegang n gigit karena ada kertasnya, jadi ga perlu berlepotan butiran nasi...ndeso2...tobat2..

Setelah lama ngantri tapi tetep ga dapet2 pesenan, saya kecapean dan langsung aja pulang. Hilang sudah nafsu makan karena bete n jengkel, coz tadi saya lihat pelayannya ternyata masih tahap belajar istilahnya "trainee",jadi lemot banget cara ngelayaninya. Tapi beruntunhyg, ditengah perjalanan pulang,saya melewati warteg tempat saya biasa makan. saya mampir saja daripada nanti semaleman ga bisa tidur karena kelaparan. Dan kawan, tahukah kalian, tidak sampai sepuluh menit, ya sepuluh menit...pesanan saya telah tersedia di meja, hangat dan nikmat saya rasakan saat
masakan negri saya itu masuk ke mulut, benar2 jauh lebih enak dan lebih cepat dari warung asing yang katanya hanya untuk orang2 "the have" itu.

Ah, benar2 mahal biaya yang harus dibayar hanya untuk sekedar menjadi bagian dari " the have",gaya hidup mordern. Jadi sekarang saya cuma pengen menjadi warga biasa, tanpa embel2 dan pangkat apa2....ya, orang biasa yang tidak harus mengorbankan waktu
dan tenaga hanya untuk makan sepotong ayam (kecuali ada yg beliin hehehe "gratiz minded syndrome"). Sumprit, bagi saya, makan sepotong kue kecil di mejid kampung abis baca tahlilan bersama teman2 jauh lebih nikmat daripada makan di resto yang
katanya keren itu. Ah, benar2 enak menjadi wong ndeso....

Hidup orang biasa..!!! Hidup Ndeso...!! Bravo warteg...!!! Merdeka....!!!

(Pesen moral bang A Ceng : cintailah ploduk-ploduk dalam negli...").*


Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak bermaksud menghina siapapun - kecuali saya sendiri -.red.


* Thanks to : Pail for the nice moment, Bang Heru buat kesabarannya menuruti semua nafsu narsisku en of course last but not least (bener ga susunannya??..), mas Andrea Hirata buat The most coolest n Inspiring Novel i've ever read, yg mengajarkanku bagaimana memandang sebuah cita2.....keep movin' Bro !!

Tidak ada komentar: