Kamis, 22 Mei 2008

Awas Malaria, Jolali Mangan n Ngemil...

Assalaamualaikum wr.wb.
whoi, dorang pu nama sapa kah.....begitulah cara orang Papua pas ketemu orang baru, kamsudnya nanyain u punya nama sapa kah?...Ya, setelah hampir sebulan aku tinggal di Papua, ternyata emang jauh dari yang selalu kubayangkan, bahwa orang Papua itu ndeso
(padahal engga', hp2 nya canggih2, punyaku aja cuman c45 jaman Jepang, mereka yg pergi ke ladang aja hp nya sekelas Nokia seri N atau bahkan Soner W seri terbaru hehehe), miskin (ini lg yg ga kebukti, bayangin aja, hampir tiap sudut rumah pada punya satelit receiver...Yaiyalah, karena disini ga dapet sinyal TV, jadi hrs lewat satelit) and many more. Oh ya, sekarang ini aku udah 2 hari tinggal di kota emas Timika setelah nempuh perjalanan 2hari dari kota Pala (fak2). Sebenernya kemaren udah beli tiket pesawat, tapi setelah BT nungguin 2 jam di bandara, eh tau2 flight dibatalin gara2 cwaca buruk...uh...bener Papua banget deh...emang cwaca
disini agak ga keruan, maklum dikelilingin laut sih...
Nah, kemaren kan sempet juga naik kapal laut pas ke Fak2 tapi karena ga ngerti n ga mau nanya, aku ambil kelas ekonomi aja, itung2 ngirit operasional. Dan ternyata, awakku loro kabeh....udah tidur di papan, truz abis gitu makannya antre kaya' dipenjara, lom lagi bawaanku yg lumayan banyak n sendirian, jd bener2 ribet deh. Nah, perjalan kali ini aku sengaja ngambil kelas yg agak lumayan. Abis nukerin tiket pesawat dengan dwit cash, aku langsung ngeliat jadwal kapal. Nah ternyata besok ada kapal jam dua. Aku memutuskan berangkat besok, tapi ternyata aku kurang teliti. Pagi2 abis bangun tidur, ibu kos bilang kalau semalam ada bel setom panjang tanda
ada kapal laut yg berangkat. Ternyata kemaren yg dimaksud jam2 itu malem, bukan jam 2 siang..Ya Alloh...telat deh, akupun panik karena engga mungkin harus nunggu bulan depan (kerjaan ga beres2, kapan kawin hehehehehe...kidding man). Tapi alhamdulillah, Mas Nar,sopir angkot yg kusewa bilang bahwa besok lagi ada kapal ke Timika. Langsung aja aku cabut ke pelni beli tiket buat besok. Nah, kalo tiket ekonomi biasa cuman 250.000, maka untuk kelas 2 harganya berlipat hingga 725000, cocoklah buat perjalanan 2 hari, daripada naik pesawat bisa 2 kali naik en biayanya bisa membengkak hampir 2 juta. Ternyata kelas2 itu sebenernya kapal kru Kapal yg disewain, jadi
istilahnya ceperan selain gaji. tentu saja beda banget dengan kelas ekonomi. Kalau di ekonomi kita tidur bareng2 di papan triplek, jadi kalo lagi ombak besar kaya' sekarang, jangan bayangin deh goyangannya...muser2 ga keruan, nah di Kelas 2 udah pake kasur empuk, mirip di hotel lah. trus kalo di ekonomi mandinya di kamar mandi umum yg baunya, naudzu billah, H2SO4 deh (hehehe itu istilah kimia karanganku
sendiri yg maknanya kurang lebih Paaaaaaaaaaaaauwesing...!). lom lagi jatah makan di restoran yang - tentu saja - boleh nambah sepuasnya tentu saja hanya bagi yg ga punya wajah2 malu kayak aku sangat menguntungkan hehehehe....
Tapi meski tinggal di Kelas 2, bete juga rasanya, karena penumpangnya dikit banget. Pas aku jalan2 di dek luar, aku ngobrol2 ma ibu2. Abis ngobrol lama aku baru tau kao dia seorang (Tuna Susila). dia berasal dari Banyuwangi. Dia banyak cerita tentang kisah masa lalunya dan kenapa dia terjun ke dunia gelap tersebut, yaitu karena stress abis cerai dengan sang suami. Yang tragis, di sela2 kegiatannya dia masih sempet kadang ngelaksanain sholat. Ya Allah, sementara kita yg mengaku bersih kadang masih suka malas (Ampuni kami ya Allah...). Aku juga sempet coba2 nasehatin dia, biar dia kembali ke jalan yg bener, karena meski alasan mencari rejeki buat anak, namun itu adalah jalan yg haram dan pasti tidak berkah. Dia bilang, suatu saat akan berhenti..Semoga Allah segera membuka hatinya buat taubat, Amin.....
Nah, hari kedua aku tiba di Timika, kota paling kaya sekaligus paling rawan di Papua, karena sering ada perang antar suku......Pertama aku turun kapal, aku bingung ga karuan karena ga punya kenalan, wes poko'e bismillah ae aku berangkat ke kota sambil berusaha ngehubungin temen2 siapa tahu ada yg punya kenalan. Pas nyampe kota alhamdu lillah, ada temen yg punya kenalan, dan singkat kata aku dijemput oleh dia. mas Hadi namanya, seorang pendatang dari Lamongan. orangnya friendly banget, aku diterima di rumahnya yg sederhana dan alhamdlillah deketan mesjid. Istrinya, mba ayu juga welcome banget, so meski jauh dari rumah aku tetep merasa seperti di kampung sendiri. Nah, di
Timika, mas Hadi Bilang kita musti ati2 jaga badan. Sedikit ngedrop bisa langsung kena malaria. Dan ternyata salah satu syaratnya cocok dengan hobiku, harus banyak2 makan...jangan sampe kelaparan hehehe.......karena udah dianggep saudara, makan minumpun gratis.....
(ok besok sambung lagi ya...)

Tidak ada komentar: