Sabtu, 10 Mei 2008

Finally, i got a city......

Setelah cape menunggu Speed beberapa hari hanya untuk ke sebuah desa bernama Bintuni, akhirnya hari ini dapet juga. Dari babo
kami naik kapal ke Bintuni selama 4 jam. nah, pas di kapal aku kenalan ma cowok bernama dika yang alhamdulillah masih satu
kampung, dia juga dari Malang, tepatnya tumpang. Setelah ngobrol lama, dia nawarin aku untuk tinggal di rumahnya daripada harus
sewa hotel yang lumayan mahal. Kami tinggal di sebuah rumah petak dari kayu, namun persahabatan terasa karab, karena disana
telah ada beberapa anak malang yg merantau. Ada si Irul, Deny dkk dari berbagai kota di Jawa. Nah, pas mo pergi lagi ke Manokwari
aku kehabisan uang dan mo ngambil gada ATM, terpaksa deh minta kirimin lewat pos (wesel...jadul banget deh critanya). Tapi
emang nasib, layanan pos ngadat gara2 jaringan putus. Akhirnya ga da jalan lagi selain pinjem temen2 n ntar aku janji ta balikin
pas udah nyampe Mnaokwari..Thanks guys.. Alhamdu lillah Allah selalu menolongku...

Hari Rabu aku terbang ke Manokwari naik pesawat twin otter lagi, namun kali ini pesawatnya lebih kecil dan tua..pas take off
rasanya dagdigdug, tapi alhamdulillah selama perjalanan lancar2 saja, hingga kemudian.....pas diatas kota Manokwari, tepatnya
di pegunungan xxx (aku lupa namanya), pesawat mulai oleng karena terbang melawan arah angin dan ketemu ma si cumulus (itu lho
jenis awan yg paling ditakutin pilot sedunia)...wuis.....pesawat naik turun oleng ke kanan dan kekiri..aku cuman berdo'
" ya Allah kalo ini memang terakhir aku terbang, mg2 selamat dunia akherat amin....Namun, beberapa saat kemudian pesawat landing
di bandara manokwari. Wuih, kota pantai yg indah ini lumayan panas namun dingin pas malem hari. Oh ya di manokwari aku tinggal
bersama keluarga Nasrabi taat, critanya pas di kapal aku kenal ma mahasiswa bernama frans yg lagi penelitian en akhirnya dia
ngajak tinggal di rumahnya. Nah, seperti umumnya keluarga kristen, di mana2 ada atribut kristen bahkan aku diberitahu sebuah
injil arab berjudul ' alkitabul muqoddas". Ada yg lucu, pas aku bangun ambil air wudlu shubuh, si Ibu juga bangun. Aku enak2
wiridan, si Ibu pun bernyanyi, pas aku tanyain ternyata itu ibadah....
manokwari adalah kota yang indah. Kota ini berjuluk kota Injil karena kita bisa menemukan gereja dengan mudahnya sebagaimana
menemukan mesjid di jawa. Nah, pantai2 disini juga indah. ga seperti yang aku liat pas di bali, panteinya penuh dengan bule
ga katho'an disini masih alami. Sepi banget jadi pas banget buat yg pengen nenangin pikiran. tapi anjing dan babi ada dimana-
mana. Bahkan suatu hari aku pernah mandi bareng babi (ga satu tempat seh), tapi babinya di sebelah. babi adalah harta katun
orang papua, ia dipake sebagai mas kawin. nah, di pedalaman bahkan orang lebih memilih menggendong dan menyusui babi dibanding
anaknya sendiri cccck... busyet dah....
Oya, manokwari adalah ibukota papua barat. meski ga sebagus kota di Jawa, tapi bagiku yg penting disini ada ATM, jadi aku bisa
ngambil dwit buat travelling berikutnya.....

Tidak ada komentar: